Jumat, 27 Februari 2015

Latihan



Tema : Perkembangan Ekonomi
Buku Sumber : Teori Makroekonomi edisi kelima

Teori ekonomi makro adalah bidang ilmu ekonomi yang mengkaji fenomena perekonomian secara menyeluruh atau luas misalnya inflasi, pengangguran dan pertumbuhan ekonomi. Ekonomi makro merupakan pengetahuan ekonomi yang bersifat agregatif dan menampilkan teori-teori ekonomi makro yang sangat mendasar.
Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel tersebut antara lain : pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pem-bayaran internasional. Dalam ekonomi makro, dikenal adanya masyarakat konsumen, masyarakat produsen, dan pasar agregatif yang terbentuk dari permintaan agregatif dan penawaran agregatif. Selain itu, kita mengenal variabel pengeluaran konsumsi nasional yang dilakukan seluruh konsumen, variabel pengeluaran investasi nasional, dan juga harga-harga umum atau indeks harga.
          Suatu proses terjadinya pertambahan pendapatan nasional sebagai akibat pertambahan investasi dalam perekonomian. Setiap terjadinya pertambahan investasi akan menimbulkan kenaikan pendapatan nasional secara berlipat ganda. Pengeluaran investasi sebagai pengeluaran yang berdaya tinggi dalam mempengaruhi produk nasional. Yang utamanya di antaranya adalah Ekonomi Politik, yang merupakan sumber dan kondisi kekayaan dan kemakmuran material untuk seluruh bangunan manusia.
Daftar Pustaka :
Mankiw, N.Gregory.2013.Teori Makroekonomi.Jakarta:P.T.Gelora Aksara Pratama.
Iin Indah Novitasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar